Nama Hilang Dari Daftar Bacaleg, Pengurus PDIP Kapuas Hulu ini marah

Suara Uncak Kapuas,- Seketaris Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan Kecamatan Seberuang Rundi menyesalkan namanya dihilangkan dalam daftar Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) 2019. Ia menduga adanya permainan yang dilakukan oleh oknum-oknum PDIP Kapuas Hulu, untuk itu ia meminta agar oknum tersebut diberikan sanksi yang tegas.
Rundi menjelaskan, namanya dihilangkan dari Daftar Bacaleg 2019 menjelang hari terakhir pendaftaran pada Selasa (17/7) kemarin. Padahal dirinya sudah memenuhi memenuhi dan mengikuti tahapan pencalonan sesuai ketentuan aturan partai.
“Saat saya konfirmasi ke Pengurus PDIP Kabupaten mereka tidak memberikan alasan yang jelas,”terangnya Rabu (18/7)
Mantan Anggota DPRD Kapuas Hulu dari PDIP tahun 1999-2004 ini,  menduga adanya permainan didalam internal Partai PDIP baik ditingkat Kabupaten maupun provinsi, saat itu namanya diganti dengan nama Rokki yang mana yang bersangkutan merupakan kader partai Golkar Kapuas Hulu.
“Dia baru saja mengundurkan diri dari Partai Golkar Kapuas Hulu, dia tidak mengikuti tahapan-tahapan Bacaleg di Kapuas Hulu,”terangnya
Dijelaskannya, sesuai dengan ADART Partai PDIP, harusnya mengikuti tahapan-tahapannya seperti melakukan pendaftaran lewat DPC atau DPD, kemudian mengisi formulir yang disiapkan oleh partai, selanjutnya mengikuti Tes online dari partai.
“Baru keluar hasil apakah yang bersangkutan lulus atau tidak,setelah itu, barulah dia memenuhi persyaratan yang diminta KPU,”jelasnya
Ditambahkannya, sesuai aturan partai jika dia berasal dari partai lain seharusnya dia telah terlebih dahulu mengundurkan diri selama lima tahun baru bisa mencalonkan diri dari PDIP.
“Harusnya PDIP lebih memprioritas kader partai, bukan malah orang orang diluar partai,”terangnya
Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (18/7) Ketua DPC PDIP Kabupaten Kapuas Hulu Yanto belum memberikan jawaban terkait hal tersebut sampai berita ini diturunkan.
Sementara itu, Ketua KPU Kapuas Hulu Ahmad Yani menerangkan, KPU Kapuas Hulu hanya sebatas menerima syarat pencalonan dan syarat bakal calon Anggota DPRD Kapuas Hulu Pemilihan Umum 2019.
“Kami hanya sebatas menerima usulan calon Anggota DPRD Kapuas Hulu yang diajukan oleh partai,”katanya saat dihubungi Rabu (18/7)
Terkait, PDIP Kapuas Hulu sudah menyampaikan syarat- syarat pencalonan dan syarat bakal calon, KPU Kapuas Hulu saat ini sedang melakukan verifikasi administrasi kelengkapan syarat bakal calon.
“Untuk hasil verifikasi nantinya akan kita sampaikan ke partai, jika terdapat kekurangan syarat secara administrasi bisa dilakukan perbaikan yang akan dilaksanakan pada 22 sampai 31 Juli 2018,”jelasnya
“Jika sampai dengan masa batas akhir perbaikan, masih ada syarat Bakal Calon yang belum terpenuhi dan Calon yang bersangkutan tidak melengkapi, maka yang bersangkutan dinyatakan tidak memenuhi syarat sesuai PKPU nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota,”jelasnya (sya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *