Harga Ikan Hias di Kapuas Hulu Turun

Suara Uncak Kapuas,- Harga anakan ikan Hias Jenis Arwana Silver (Brazil) mengalami penurunan harga. Kondisi tersebut dikeluhkan sejumlah pembudidaya, mereka berharap Pemda bisa membantu dalam menyetabilkan harga jual ikan Arwana Silver.
Akbar, Pembudidaya Ikan Kecamatan Suhaid menjelaskan, saat ini harga anakan ikan brazil Rp. 7 ribu/ ekor, sementara dua bulan sebelumnya harga jual ikan brazil Rp. 13 ribu/ ekor.
“Sudah dua bulan ini harga anakan ikan brazil turun, hal ini dikarenakan jumlah produksinya diwilayah lain terbilang banyak,”katanya Rabu (20/6)
Ditambahkannya, dibulan-bulan sebelumnya harga anakan ikan brazil pernah mencapai harga tertinggi yakni Rp. 25 ribu/ ekornya, saat itu produksi ikan tersebut masih sangat sedikit.
“Biasanya anakan ikan itu dijual kembali oleh pengepul ke Pontianak, Jakarta bahkan sampai keluar negeri,”jelasnya
Diterangkannya, dirinya telah membudidaya ikan brazil sekitar 5 tahunan, dimana untuk jumlah indukan ikannya yakni sebanyak 40 ekor. Dalam satu tahun biasanya kolamnya mampu memproduksi anakan ikan sekitar 1800 ekor.
“Untuk pendapatan yang didapat dari membudidaya ikan brazil sekitar Rp. 13 juta/ tahun. Sementara untuk membeli ikan untuk pakannnya menghabiskan biaya sekitar Rp.7 juta/tahun,”terangnya
Penghasilan yang minim tersebut tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, untuk itu biasanya untuk mencukupi pemenuhan kebutuhan sehari-hari para pembudidaya juga merangkap kerja sebagai nelayan.
“Hasil Budidaya ikan brazil itu untuk tabungan, sementara untuk makan sehari hari dari hasil profesi sebagai nelayan,”jelasnya
Pembudidaya Ikan hias Kecamatan Bunut Hilir, Paridawati menjelaskan, ikan arwana brazil itu terdiridari 3 jenis yakni Albino, Platinum dan Silver. Untuk harga anakan Albino Rp. 5 juta/ ekor, Platinum Rp. 1,7 juta dan Silver Rp. 7 ribu/ ekor.
“Saat ini yang banyak diternak ikan arwana silver, untuk itu kami meminta Pemda dapat menyetabilkan harga jualnya untuk mensejahterakan para pembudidaya,”harapnya
Ditambahkannya, untuk harga anakan arwana Red saat ini justru mengalami kenaikan dari Rp. 2,4 naik menjadi Rp. 2,8 juta/ ekornya. Sementara untuk harga telur ikannya dari Rp. 800 ribu naik menjadi Rp. 1,3 juta/ekornya.
“Naiknya harga ini sudah mulai dirasakan semenjak beberapa bulan terakhir, hal ini dikarenakan produksinya yang sedikit,”jelasnya (sya)‎

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *