Diduga Tersandung Kasus Tipikor, Dirut PD Uncak Kapuas Ditahan

Suara Uncak Kapuas,- Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Uncak Kapuas ditahan di Rutan Kelas II B Putussibau, Jumat (8/11) sore.

PD Uncak Kapuas merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Kapuas Hulu terkait dugaan korupsi penyertaan modal dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kapuas Hulu.

Kasi Pidsus Kejari Kapuas Hulu, Martino Andreas Manalu, menyampaikan terduga pelaku berinisial SP ditahan sementara di Rutan Putussibau untuk proses penyidikkan.

”Dia ditahan sementara sekitar 20 hari kedepan, dimana nantinya setelah berkas lengkap langsung kami limpahkan ke Kejati Kalbar untuk proses hukum lebih lanjut,”sampainya.

Dijelaskannya, untuk penyertaan modal dari APBD Kapuas Hulu tahun 2015 sebesar Rp9 milyar, namun saat itu, terduga pelaku tidak melaksanakan pembangunan fisik.

”Dana tersebut didepositokannya ke Bank,”terangnya.

Padahal menurutnya, seharusnya dana penyertaan modal itu digunakan untuk pembangunan hotel sesuai peruntukannya.

”Dana tersebut masuk dalam tabungan deposito dan bunganya digunakan terduga pelaku untuk operasional pribadi,” tuturnya.

Lanjutnya, bunga deposito tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh yang bersangkutan, untuk besaran bunga itu sekitar Rp500 juta.

”Rp.500 juta ini dianggap sebagai kerugian negara. Terhadap terduga pelaku diancam dengan undang undang Tipikor dengan ancaman minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun penjara,”tegasnya. (Sya).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *