Cegah Politik SARA & Uang, Bawaslu Kapuas Hulu Libatkan Masyarakat Adat

Suara Uncak Kapuas,- Bawaslu Kapuas Hulu mengadakan kegiatan sosialiasi pengawasan partisipatif melalui sarana kebudayaan yang mengedepankan kearifan lokal, di Aula Bank Kalbar Putussibau, Minggu (23/10).

PLH Sekda Kapuas Hulu, Bung Tomo menyambut baik kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kapuas Hulu.

“Dengan cara seperti ini diharapkan proses Pilkada Kapuas Hulu 2020 akan berjalan secara aman dan lancar sebagaimana yang diharapkan,”sampainya.

PLH Sekda Kapuas Hulu, Bung Tomo

 

Dijelaskan Tomo, Bumi Uncak Kapuas terdiridari berbagai macam suku, namun selama ini pelaksanaan Pemilu dapat berjalan sesuai harapan.

”Masyarakat Kapuas Hulu sangat menyadiri bahwa mereka pada hakikatnya adalah bersaudara,”tuturnya

Meskipun demikian, Potensi politik SARA dan uang tidak bisa disepelakan, langkah langkah pencegahan harus terus dikedepankan.

“Dengan demikian akan lahir pemimpin Kapuas Hulu yang lebih baik, mampu mensejahterakan serta bisa merekatkan etnis yang ada,”jelasnya.

Theodorus Lanting, Komisioner Bawaslu, Kapuas Hulu, Devisi SDM dan Organisasi, mendorong keterlibatan seluruh lapisan masyarakat agar berpartisipasi dalam menyukseskan Pilkada 2020 mendatang

”Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri, dengan adanya partisipasi semua pihak, Pemilu yang aman, tertib, lancar dan harmonis dapat diwujudkan,”terangnya.

Theodorus Lanting, Komisioner Bawaslu, Kapuas Hulu, Devisi SDM dan Organisasi

Theo juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing dengan Isu SARA, sebab hal tersebut  berpotensi menimbulkan perpecahan dikalangan masyarakat.

”Jika ada pelanggaran itu kami minta masyarakat melaporkannya agar dapat diproses hukum lebih lanjut,”tuturnya.(Sya).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *