Bupati Nasir Rencanakan Kontes Arwana Dilaksanakan di 2021

Suara Uncak Kapuas,- Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir menyampaikan, Bumi Uncak Kapuas akan mengadakan kontes arwana pada 2021 mendatang.

“Melalui kontes ini diharapkan dapat meningkatkan dan mempromosikan potensi daerah,”sampai Nasir.

Dijelaskannya, untuk ditahun 2020 ini kegiatan kontes arwana tidak bisa digelar dikarenakan bertepatan dengan adanya Pandemi Covid 19.

“Selain itu, ditahun ini kita hanya menganggarkan untuk kontes durian saja,”katanya.

Menurut Nasir, Arwana ini berpotensi dapat dijadikan sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kapuas Hulu.

“Selama ini arwana selalu dijual ekspor keluar negeri dengan harga yang tinggi sementara daerah tidak mendapatkan apa apa,”tutur Dia.

Untuk itu, kata Bupati dua priode ini hal tersebut sedang menjadi perhatian serius Pemda Kapuas Hulu saat ini.

“Arwana ini sangat membantu perekonomian masyarakat sebagai salah satu alternatif usaha disaat kondisi perekonomian saat ini,”sampai Dia.

Selama ini, di Bumi Uncak Kapuas ikan hias langka ini dibudidaya oleh masyarakat, hal itu dalam upaya untuk melestarikan arwana agar tidak punah serta untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

Terpisah,  Pengusaha Aquarium Sinar Arwana Putussibau, Budiman, mengatakan saat ini antusiasme masyarakat untuk membudidaya ikan arwana sangat tinggi baik dikolam maupun diaquarium.

“Permintaan pembuatan Aquarium selalu mengalami peningkatan, hal ini dikarenakan tingginya peminat arwana dan harga jualnya yang mengalami penurunan saat ini,”jelas Budi.

Menurut Budi, Penurunan harga jual ikan arwana saat ini diakibatkan oleh Pandemi Covid 19 yang melanda, kondisi ini dimanfaatkan oleh warga untuk membeli anakan arwana dengan harapan

 bila kondisi sudah normal harga jualnya bisa kembali melonjak drastis.

“Selama tiga tahun saya merintis usaha pembuatan Aquarium ini saya sudah berhasil membangun satu rumah untuk menunjang usaha,”jelasnya.

Menurut Budi, Arwana dirasakan memberikan dampak positif bagi perekonomian keluarganya selama ini, untuk itu, ia berharap Pemda Kapuas Hulu dapat terus meningkatkan perhatian agar ikan langka ini bisa terus memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum. (Sya).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *