Bea Cukai Badau Gagalkan Penyeludupan Peluru Dari Sri Aman Ke Boyan Tanjung

Suara Uncak Kapuas, – Petugas Bea Cukai Nanga Badau berhasil menggagalkan percobaan penyeludupan peluru sebanyak 62 butir dari Sri Aman Malaysia, Sabtu (19/10).

Yudhi Irawan, Pelaksana Penyuluhan dan Layanan Informasi, Kantor Bea Cukai Nanga Badau, menyampaikan kronologisnya, dimana pada Sabtu, 19 Oktober 2019 sekitar pukul 06.00 wib mobil penumpang (ojek/travel) dengan nomor polisi QSY 9392 warna putih melintasi PLBN Badau.

”Mobil yang dikendarai oleh SH (ojek) membawa 1 orang penumpang bernama BS,”terangnya.

Selanjut, BS turun didepan pos imigrasi untuk melalukan penutupan paspor.

Setelah menutup passpor, petugas yang saat itu berjaga pagi di gate kedatangan (andre dan adi) meminta BS untuk menurunkan seluruh barang bawaannya dari mobil untuk dilakukan pemeriksaan melalui mesin x-ray.

”Setelah melakukan pemindaian pada mesin x-ray, petugas curiga terhadap suatu kaleng makanan yang menurut citra x-ray terdapat suatu barang yang disimpan didalam kaleng tersebut,”tuturnya

Kemudian petugas meminta BS untuk membuka isi dari kaleng makanan tersebut dan menanyakan isi yang ada didalamnya kaleng.

”BS mengaku bahwa didalamnya hanya berisi beras. Karena petugas masih curiga, akhirnya diputuskan untuk mengeluarkan isi yang ada dari dalam kaleng tersebut,”jelasnya.

Lanjutnya, Saat seluruh beras sudah dikeluarkan, terdapat plastik hitam yang masih tersimpan disana. Saat petugas memeriksa isi dari plastik tersebut, ditemukan 62 butir peluru berburu.

”Rincian peluru tersebut yakni sebanyak 35 peluru berwarna hijau merk Big Game 9 Pallettoni 11/0 (8.6mm) kaliber 12, made in Italy dan 27 peluru berwarna merah maroon merk Zuber Plastic Cartridgere zero 0/7 (6.2mm) kaliber 12, made in Turkey,”paparnya

BS saat kembali ditanyakan petugas mrngaku tidak tahu isi yang ada didalamnya. Menurut keterangan BS barang itu dititip temannya dari Sri Aman untuk dibawakan ke Bangi, Kecamatan Boyan Tanjung.

”Pukul 13.40 Wib dilakukan penyerahan barang bukti berupa 62 butir peluru, pemilik barang, supir/pengangkut, sarana pengangkut serta barang bawaan pribadi BS ke Polsek Badau untuk diproses dan ditindaklanjuti sesuai ketentuan berlaku,”tutupnya. (Sya).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *