Harga Kratom di Tingkat Petani Rp.5 Ribu, Berikut Harganya di Amerika

Suara Uncak Kapuas, – Ketua Koprasi Produsen Anugrah Bumi Hijau (Koprabuh) Hayati Borneo, Yohanes, menyampaikan kratom memiliki potensi yang tinggi dalam mengangkat perekonomian masyarakat, dimana harganya terbilang sangat mahal diluar negeri.

 

Dicontohkannya, di Amerika harga kratom berada pada kisaran harga 300 dolar/ kilogramnya, tingginya harga tumbuhan tersebut menurutnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan devisa negara dan pendapatan asli daerah (PAD) Kapuas Hulu.

 

”Selain itu, kratom ini juga diyakini mampu mensejahterakan masyarakat ditengah terpuruknya harga karet saat ini,”sampainya.

 

Saat disinggung harga kratom ditingkat petani saat ini berada pada kisaran Rp.5 ribu/kilogramnya, Yohanes menyampaikan harga tersebut sudah mengalami peningkatan dimana sebelumnya harga kratom hanya berada pada kisaran harga Rp.2 ribu saja.

 

“Penjualan ke Amerika memerlukan proses yang panjang dan biaya pengirimannya juga tidak murah bisa mencapai sekitar 100 dolar/kilogramnya,”tuturnya.

 

Namun meskipun demikian, pihaknya akan berupaya  menyetabilkan harga jual ditingkat petani melalui Koprabuh ini.  Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak resah dalam bertani kratom karena sejauh ini kratom masih legal.

 

Kratom menurutnya sangat baik bagi udara dan lingkungan, Selain menjaga kelestarian hutan, pohonnya juga dapat dimanfaatkan untuk bahan baku mebel. (Sya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *